Motorik Halus adalah materi yang diajarkan oleh guru ke anak – anak usia dini di semua TK yang ada di Indonesia termasuk TK Dhiya’Ulhaq dikarenakan sudah terdapat dalam kurikulum PAUD sehingga wajib untuk diajarkan kepada PAUD. Motorik halus di ajarkan di TK oleh guru mulai dari anak – anak umur 3 sampai 6 tahun agar motorik halus anak usia dini dapat di digunakan dengan baik saat melakukan aktifitas dan tidak kaku pada saat masuk ke SD. Saat ini pembelajaran motorik halus dilakukan dengan cara merangsang anak - anak bermain bersama guru dengan berbagai permaian yang disediakan oleh guru dan pihak TK, tetapi di TK Dhiya’Ulhaq mengalami kendala dengan fasilitas yang diberikan ke anak – anak sebagai media belajar dan bermain yang belum memadai sehingga guru kesulitan untuk menyampaikan materi motorik halus kepada anak – anak usia dini.
Solusi yang diberikan adalah membuat sebuah aplikasi pembelajaran dan permainan motorik halus untuk paud yang dapat membantu dan memfasilitasi guru dalam menyampaikan materi motorik halus kepada anak – anak PAUD sehingga dapat menarik minat anak – anak dikarenakan dapat belajar dan bermain dan juga guru tidak kesulitan lagi dalam menyampaikan materi. Materi yang terdapat pada aplikasi ini berupa meniru bentuk, menempel gambar dan mewarnai.
Pengujian pada aplikasi ini menggunakan UAT kepada guru untuk menilai efektivitas dari aplikasi dengan cara memberikan tujuh pertanyaan kepada guru apakah telah sesuai dengan keinginan pengguna. Dari tujuh pertanyaan yang di berikan kepada guru mengenai efektivitas aplikasi, guru berpendapat bahwa aplikasi telah berfungsi dengan baik dan dapat digunakan untuk guru dan anak – anak .
Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, Motorik Halus, PAUD