Kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang mampu membantu suatu negara dalam perekonomian, oleh karena itu universitas merupakan salah satu tempat dilahirkannya wirausaha-wirausaha muda yang akan membantu perekonomian. Institut Manajemen Telkom salah satu institusi pendidikan yang mengajarkan kewirausahaan kepada mahasiswanya. Salah satu faktor yang memicu minat berwirausaha adalah motivasi. Motivasi adalah suatu faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan. Berdasarkan hasil wawancara beberapa mahasiswa menyatakan bahwa mereka berminat untuk menjadi wirausahawan didasari oleh berbagai motivasi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebutuhan Maslow yang terdiri atas lima jenis kebutuhan diantaranya kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan social, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Teori lain yang digunakan adalah teori minat berwirausaha dimana minat seseorang terhadap kewirausahaan dapat dilihat dari tiga hal yaitu melalui pengucapan, melalui tindakan dan melalui menjawab sejumlah pertanyaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode teknik analisis regresi linier sederhana. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 38 orang mahasiswa Institut Manajemen Telkom jurusan Administrasi Bisnis angkatan 2009 dan 2010 yang sudah pernah memiliki bisnis.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa motivasi mahasiswa Institut Manajemen Telkom program studi Administrasi Bisnis angkatan 2009 dan 2010 sangat baik dan minat berwirausaha masuk kedalam kategori baik. Kemudian terdapat pengaruh variabel motivasi terhadap variabel minat berwirausaha sebesar 96,5% dengan persamaan regresi Y = 0,288 + 0,984X.
Saran yang diberikan kepada Institut Manajemen Telkom adalah (1) diharapkan kepada Institusi khususnya program studi Administrasi Bisnis untuk lebih seiring menyelenggarakan kegiatan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan kewirausahaan agar mahasiswa semakin termotivasi dan terbekali dengan baik untuk mulai berwirausaha. (2) diharapkan kepada institusi untuk membuat suatu wadah simulasi bisnis khusus untuk mahasiswa yang memiliki rasa ketertarikan lebih dengan dunia kewirausahaan untuk belajar secara nyata bagaimana membangun dan menjalankan suatu bisnis.
Kata Kunci: Motivasi, Minat Berwirausaha