Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) merupakan pengungkapan informasi yang dilakukan perusahaan tentang aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan lingkungan, dan sosial perusahaan. Pengungkapan informasi CSR dapat memberikan informasi tambahan kepada para investor selain dari yang sudah tercakup dalam laba akuntansi. Untuk mengukur seberapa besar reaksi pasar terhadap informasi laba perusahaan dikenal istilah koefisien respon laba (earning response coefficient).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan karakteristik perusahaan (yang terdiri dari leverage,growth,dan size) terhadap koefisien respon laba (ERC) pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2010.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas dengan industri telekomunikasi sebagai objek penelitian. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel penelitian ini adalah sebanyak empat perusahaan yaitu PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT. Indosat Tbk, PT. Bakrie Telecom Tbk, dan PT. XL Axiata Tbk. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda (multiple regression analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan karakteristik perusahaan yang terdiri dari leverage, growth, dan size, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap koefisien respon laba (earning response coefficient) dengan koefisien determinasi sebesar 57,7%. Secara parsial pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan leverage tidak berpengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap ERC. Growth berpengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif dan size tidak berpengaruh signifikan dengan arah hubungan positif terhadap ERC.
Keywords: CSR Disclosure, Leverage, Growh, Size, ERC.