Setiap individu memiliki kebutuhan untuk berwisata, hal tersebut juga didukung dengan banyaknya potensi wisata di Indonesia. Salah satunya adalah Kabupaten Rembang, yang sedang mengembangkan pariwisata yang dimilikinya. Pengembangan pariwisata berdampak pada meningkatnya jumlah pengunjung dan pendapatan daerah maupun masyarakat Kabupaten Rembang. Usaha promosi telah dilakukan oleh berbagai pihak, baik pihak pemerintah Kabupaten Rembang, pegelola, hingga masyarakat. Namun, identitas visual dan media promosi yang telah digunakan belum memiliki keseragaman yang baik dalam penggunaan warna dan tipografi. Menganalisis identitas visual dan promosi pariwisata Kabupaten Rembang dalam periode Januari-Juli 2017 menjadi fokus penelitian ini. Dengan tujuan yang akan dicapai adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Rembang. Penelitian dilakukan di Bandung dan Rembang menggunakan metode data pustaka, observasi, wawancara, dan kuesioner serta dilakukan analisis dengan matriks perbandingan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Kabupaten Rembang dan potensi wisatanya memerlukan identitas visual dan promosi agar dikenal masyarakat luas dan akan berdampak pada peningkatan pendapatan daerah serta masyarakat Kabupaten Rembang.
Kata kunci : pariwisata, Kabupaten Rembang, identitas visual, promosi