Supply Chain Management merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, menurut pakar UKM di Indonesia para pelaku usaha yang ada di Indonesia masih belum mampu menerapakan manajemen Supply Chain yang baik, sedangkan berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik jumlah UKM di Kota Bandung terus meningkat dari tahun ke tahun, sedangkan penerapan SCM merupakan kunci dari sebuah perusahaan dalam menghadapi competitive advantage.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pengaruh penerapan Supply Chain Management yang diukur dengan menggunakan Supply Chain Management Practices dimana memiliki lima dimensi yaitu Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship, Level of Information Sharing, Quality of Information Sharing, dan Postponement. Sedangkan untuk yang dipengaruhi Competitive Advantage memiliki lima dimensi yaitu Price/cost, quality, delivery dependability, product innovation, dan time to market
Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner secara langsung kepada para pelaku UKM dibidang kuliner dan diperoleh 107 responden yang mengisi kuisioner. Pengolahan data menggunakan rumus dari metode Structural Equation Model yaitu menggunakan perhitungan aritmatika sederhana seperti perkalian, pembagian, pengurangan, dan pertambahan.
Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan Supply Chain Management berpengaruh positif terhadap Competitive Advantage berdasarkan T-Values yang diperoleh sebesar 6,751.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan para usaha kecil menenga untuk menerapkan Supply Chain Management dengan baik dan juga tepat, hal ini bertujuan agar para pelaku usaha dapat bersaing secara baik dengan para UKM yang bergerak dibidang yang sama.