Sebuah perusahaan harus memiliki competitive advantage atau daya saing agar sebuah perusahaan dapat bertahan dari kompetisi yang semakin keras. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset perusahaan yang sangat penting yang akan menentukan kinerja suatu perusahaan. PT Pos Indonesia dewasa ini banyak menghadapi para pesaing bisnisnya dalam hal pelayanan jasa pengiriman surat dan paket. PT Pos Indonesia di tuntut agar memiliki kinerja perusahaan yang lebih unggul dari pada pesaingnya. Agar dapat bersaing PT Pos Indonesia harus memiliki knowledge management enablers yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan knowledge management enablers terhadap kinerja karyawan di Sentral Pengolahan Pos PT Pos Indonesia Bandung. Menggunakan metode kuantitatif dan metode perhitungan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap knowledge management enablers (X) sebesar 63,56% termasuk dalam kategori “Cukup Baik” dan variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 80,99% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Knowledge management enablers secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan SPPos Bandung sebesar 92,35% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Kunci : Knowledge Management Enablers, Kinerja Karyawan, SPPos Bandung