Media iklan adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan produk baru kepada pemakai atau penggunanya. Salah satu jenis iklan yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya yaitu televisi. Google merupakan perusahaan yang menggunakan iklan media televisi sebagai media promosinya. Diantara banyaknya mesin pencari yang ada Google satu-satunya yang melakukan kegiatan promosi berupa iklan di media televisi. Sebagai salah satu mesin pencari yang paling populer di dunia, Google selalu melakukan inovasi agar tetap menjadi yang terpopuler. Salah satu inovasi yang dilakukan Google adalah dengan adanya fitur voice command atau yang dinamakan “Ok Google”. Iklan televisi Google memiliki beberapa versi namun peneliti memilih versi “cari lirik” karena iklan versi ini merupakan satu-satunya yang memberikan informasi lengkap tentang fitur baru Google voice command atau biasa disebut “Ok Google”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan iklan televisi Google versi “cari lirik” terhadap penggunaan fitur “Ok Google” pada mahasiswa di Bandung.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitaif dan paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah positivistik. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa di sepuluh perguruan tinggi dengan rentang usia 20-24 tahun di Kota Bandung yang pernah melihat iklan televisi Google versi cari lirik yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Widyatama, Universitas Telkom, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Islam Bandung, Universitas Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Pasundan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif antara elemen pesan iklan sebesar 36,7% terhadap penggunaan fitur Ok Google. Sedangkan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji t menunjukan bahwa Pesan Iklan (X) terhadap Penggunaan Fitur Ok Google (Y), mempunyai nilai t-hitung sebesar 7,532 lebih besar dari t-tabel 1,29 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Pesan Iklan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel Penggunaan fitur Ok Google. Hasil penelitian deskriptif menjelaskan persentase tanggapan terhadap pesan iklan televisi Google versi “cari lirik” sebesar 80% yang berada pada kategori baik, sedangkan pada penggunaan fitur memiliki persentase 71% yang berada pada kategori baik.
Kata kunci : Iklan, Iklan Televisi, Google