Klinik kesehatan adalah tempat praktek yang terdapat lebih dari satu dokter umum atau spesialis yang bekerja. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Selain itu, masih banyak klinik yang mencatat seluruh data kesehatan pasien menggunakan kertas dan bolpoint, sehingga data kesehatan pasien sulit dikontrol mengakibatkan human error dan tidak dapat memberikan informasi yang akurat dan cepat.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang suatu sistem informasi yang terintegrasi oleh semua bagian-bagian yang berhubungan dengan pasien. Sehingga dapat memperbaiki sistem yang lama. Pengembangan sistem informasi ini, menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Pengumpulan data menggunakan studi literatur, wawancara, analisis, perancangan sistem, membangun sistem, uji coba, dan implementasi sistem. Hasil tugas akhir ini adalah sistem informasi Klinik Kesehatan Ganesha Husada yang nanatinya dapat menjawab kesulitan yang seringkali dihadapi oleh pengelola klinik sehingga bisa jauh lebih efisien. Menu yang telah dikembangkan meliputi, rekam medis pasien, administrasi pasien, pembayaran tagihan pasien, dan pengelolaan obat untuk pasien. Hasil pengujian yang telah dilakukan, yaitu bahwa semua requirement yang sudah diuji oleh masing-masing user hasilnya valid. Tetapi masih ada beberapa perbaikan dari sistem yang telah dikembangkan, yaitu bahwa dokter dan bidan masih nyaman dan sudah terbiasa dalam menggunakan kartu rekam medis pasien. Sehingga diperlukan penelitian dan pengembangan sistem lebih lanjut agar dapat memenuhi kebiasaan dokter dan bidan tersebut.