Di era globalisasi ini, pelatihan dan sertifikasi sering kita dengar dalam dunia kerja di perusahaan atau lembaga. Hal ini dapat dikatakan bahwa pelatihan dan sertifikasi sangat penting bagi karyawan untuk menguasi keahlian yang dimiliki. Terdapat perusahaan yang menyediakan pelatihan dan sertifikasi, salah satunya Telkom Professional Certification Center (TelkomPCC). Telkom Professional Certification Center (TelkomPCC) merupakan perusahaan yang menyediakan jasa sertifikasi, pelatihan, dan konsultasi di bidang Information, Communication, Technology, Business, dan Management. Bentuk promosi yang dilakukan oleh Telkom Professional Certification Center (TelkomPCC) adalah personal selling dan direct marketing.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif, dengan desain penelitian survey terhadap 100 responden sebagai sampel. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat dikatatakan bahwa tanggapan responden mengenai variabel personal selling termasuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase 75,93%, sedangkan variabel direct marketing termasuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase 74,13%, dan variabel keputusan pembelian termasuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase 78,93%. Berdasarkan uji T, variabel personal selling dan direct marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil uji F dan koefisien determinasi kedua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 64,6% sedangkan sisanya sebesar 35,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Kata Kunci : Personal Selling, Direct Marketing, Keputusan Pembelian