ABSTRAK
PT. Pikiran Rakyat Bandung merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang Media Massa. Citra perusahaan dibutuhkan untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor, dari hal itu PT. Pikiran Rakyat membutuhkan Kegiatan Sponsorship untuk membuat Citra Perusahaan lebih baik dan dikenal oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Kegiatan Sponsorship menurut persepsi konsumen, bagaimana Brand Image menurut persepsi konsumen, dan seberapa besar pengaruh Kegiatan Sponsorship terhadap Brand Image PT. Pikiran Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kausal dan verifikatif. Sampel penelitian adalah 100 responden yang mengetahui kegiatan Sponsorship PT. Pikiran Rakyat Bandung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, observasi, dan studi pustaka. Hasil penyebaran kuisioner diolah melalui bantuan microsoft excel 2013 dan SPSS versi 23.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian mengungkapkan besarnya nilai Kegiatan Sponsorship sebesar 79,40% dalam kategori tinggi, sedangkan nilai Brand Image sebesar 80,75% dalam kategori tinggi. Pengaruh Kegiatan Sponsorship terhadap Brand Image sebesar 95,1% sedangkan sisanya yaitu 4,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini, seperti Brand Ambassador, Brand Awareness, dan Brand Equity.
Kata kunci: Sponsorship, Brand Image