Transportasi merupakan  hal yang penting untuk menunjang aktivitas dan kehidupan manusia.
Transportasi online saat ini menjadi pilihan terbaik  karena menawarkan mobilitas yang tinggi dan cukup 
efisien dalam hal waktu. Twitter merupakan salah satu situs media sosial yang cukup populer di Indonesia 
dalam menyampaikan suatu keluh kesah didalam dunia maya.  berdasarkan penelitian Semiocast, jumlah 
pemilik akun Twitter di Indonesia menempati urutan kelima terbesar di dunia dan berada pada posisi 
ketiga negara yang paling aktif  memposting  pada Twitter. Karena ketenaran  dan kemudahan Twitter 
dalam menyampaikan opini,  maka tidak heran banyak orang yang memberikan pendapatnya tentang 
berbagai hal termasuk pendapat pengguna  terhadap  jasa pelayanan transportasi online  dan kemudian data 
opini ini dapat dimanfaatkan untuk bahan evaluasi terhadap jasa transportasi online. Pada penelitian ini 
akan dilakukan analisis sentimen  terhadap kategori  positif dan negatif untuk melakukan penilaian kualitas 
layanan transportasi publik. Permasalahan yang sering muncul pada analisis sentiment adalah terlalu 
banyaknya fitur dalam sebuah dataset yang dapat menyebabkan turunnya akurasi klasifikasi, sehingga 
untuk mengatasi hal tersebut digunakan feature selection Information Gain yang digunakan untuk memilih 
fitur yang dirasa cukup informatif  dan  efisien.  Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, performa 
klasifikasi menggunakan Information Gain  dan  Naive Bayes mendapat F1-score 52.0% dan akurasi aktual 
81.8% lebih bagus dibandingkan dengan tanpa Information Gain.