ABSTRAK
Semenjak presiden Republik Indonesia Joko Widodo membeli sebuah motor Chopper buatan Kick Ass Choppers dan Elders Garage, tren sepeda motor termodifikasi klasik dan retro semakin berkembang. Ini merupakan peluang yang baik bagi pemodifikasi dan pebisnis dalam memasuki pasar yang sedang berkembang, apalagi Kota Bandung yang cukup dikenal dengan kreativitas dan dunia otomotifnya. Namun masih kurangnya wawasan dalam informasi dan klasifikasi pada bidang modifikasi sepeda motor klasik dan retro menjadi hambatan. Tidak hanya bagi pemodifikasi, namun bagi pengguna atau calon penggunanya sendiri, kadang masalah tersebut merugikan tidak hanya waktu dan tenaga, namun juga merugikan secara finansial. Ditambah lagi masih belum adanya media informasi di Indonesia semakin mempersulit khalayak dalam mempelajari modifikasi sepeda motor klasik dan retro.
Secara garis besar, tujuan yang akan dicapai dari perancangan media ini untuk memberikan informasi juga wawasan yang dibutuhkan oleh khalayak dan pengguna sepeda motor termodifikasi klasik dan retro agar tidak terjadinya kerugian dikemudian hari. Dengan tujuan tersebut, metode yang akan dipergunakan dalam merancang penyelesaian masalah yang ada dengan kuesioner, wawancara, metode analisis matriks, juga studi pustaka. Dari hasil penelitian sendiri didapat bahwa masih belum ada media berupa buku di Indonesia yang mengangkat tema serupa.
Media yang akan dirancang berupa buku ilustrasi dengan konten informasi klasifikasi serta wawasan tentang modifikasi sepeda motor dengan tampilan klasik dan retro. Dengan dirancangnya buku ini, pengguna sepeda motor termodifikasi klasik dan retro maupun khalayak yang berminat dalam menggunakan sepeda motor termodifikasi klasik dan retro bisa mendapatkan wawasan yang dibutuhkan serta mengurangi kemungkinan-kemungkinan akan terjadinya ketidakpuasan hingga kerugian-kerugian yang tidak diinginkan.
Kata kunci: Buku Ilustrasi, Modifikasi, Klasik, Retro, Sepeda Motor