ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan pada Pujasera Sukabirus. Pujasera Sukabirus adalah sebuah tempat makan yang terdiri dari gerai-gerai (counters) makanan yang menawarkan aneka menu yang variatif. Pujasera Sukabirus merupakan area makan yang terbuka dan bersifat informal. Usaha ini bergerak sejak awal bulan Juli tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh motivasi berwirusaha dan pemasaran kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha pada gerai makanan di Pujasera Sukabirus.
Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling pada non-probability sampling yaitu sampling jenuh karena anggota populasi berjumlah 30 orang dan seluruh populasi merupakan sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 respoden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kusioner yang disebarkan kepada seluruh responden yaitu, pemilik gerai makanan di Pujasera Sukabirus.teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap Motivasi Berwirausaha dalam kategori baik dengan skor 77,3%, tanggapan responden terhadap Pemasaran Kewirausahaan dalam kategori sangat baik dengan skor 70,31% dan ranggapan responden terhadap Keberhasilan Usaha dalam kategori baik dengan skor 69,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi berwirausaha dan pemasaran kewirausahaan berpengaruh dan signifikan secara positif terhadap Keberhasilan Usaha dengan skor 79,1%. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa dengan meningkatnya motivasi berwirausaha dan pemasaran kewirausahaan di dalam usaha Pujasera Sukabirus akan berpengaruh untuk meningkatkan Keberhasilan Usaha.
Kata kunci: Motivasi Berwirausaha, Pemasaran Kewirausahaan, Keberhasilan Usaha, Pujasera