ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi penjualan yang dilakukan Indonesia Air Asia (survei pada followers twitter @AirAsiaId) terhadap keputusan pembelian. Promosi penjualan yang terdiri dari enam subvariabel yaitu hadiah, kemasan harga, premium(discount), garansi produk, percobaan gratis dan promosi terikat. Sedangkan variabel keputusan pembelian terdiri dari lima subvariabel yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian produk dan penggunaan pasca pembelian.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148.771 ribu orang, dimana kuesioner disebarkan kepada 100 follower twitter @AirAsiaId sebagai sampel pada penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik analisis data, analisi korelasi, koefisien determinasi, serta analisis regresi sederhana.
Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh yang kuat antara Promosi Penjualan Indonesia Air Asia sebesar 46,7% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya 52,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : promosi penjualan, keputusan pembelian konsumen