ABSTRAK
Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kuantitatif di Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2011
Institut Manajemen Telkom)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2011 Institut Manajemen Telkom Bandung.
Untuk mencapai hal tersebut, maka pengambilan sampel dilakukan secara Accidental Sampling, sehingga diperoleh sampel sebesar 70 orang mahasiswa dari populasi sebesar 197 orang mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2011. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu Regresi Sederhana, dan Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2011 Institut Manajemen Telkom berpengaruh positif rendah dan signifikan terhadap tingkat prestasi belajar mahasiswa dengan hasil persamaan regresi yang diperoleh adalah y = 59.675 + 0.307x dan diperoleh nilai ? 0,041 yang lebih kecil dari ? = 0,05. Ini berarti model regresi yang diperoleh signifikan dan dapat digunakan untuk mengetahui nilai y apabila x diketahui. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa hubungan komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar rendah dengan nilai R=0.245 serta nilai determinan R2 = 0,060 yang berarti komunikasi interpersonal memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 6%, sedangkan 94% perubahan-perubahan yang terjadi pada prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci : Komunikasi interpersonal, Prestasi Belajar.