Kerusakan lingkungan yang diakibatkan sampah kian terjadi dimana-mana dan berimbas kepada penurunan kualitas hidup pada masyarakat. Lingkungan hidup seperti sungai, laut, hutan, danau dan pantai sudah mulai tercemar dan membutuhkan perhatian serius oleh semua pihak meliputi pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha. Ecopreneur sebagai pelaku usaha berperan untuk menjaga aspek keberlanjutan lingkungan dalam kegiatan bisnisnya, seperti PT Greeneration Indonesia. PT Greeneration Indonesia merupakan perusahaan sosial yang didirikan sejak tahun 2005 dan memiliki fokus bisnis terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor motivasi dan komitmen ecopreneur dalam mewujudkan environmental sustainability menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan serta menggambarkan realita empirik dibalik fenomena. Penelitian ini akan dilakukan dengan wawancara dan observasi semi struktur pada para pelaku ecopreneur di PT Greeneration Indonesia. Penelitian yang akan dilakukan ingin mengetahui apakah terdapat kesesuaian antara tujuan penelitian dengan teori yang digunakan.