Karawang dulu dikenal dengan julukan lumbung padi, kota yang memproduksi padi
dengan jumlah yang ditinggi. Karawang juga dikenal dengan budaya dan
kesenianannya. Sayangnya sekarang Karawang lebih dikenal dengan sebutan kota
industri akibat banyak berdirinya pabrik-pabrik didaerah Karawang. Akibat dari
pergeseran title tersebut kebudayaan dan kesenian kota karawang menjadi tidak dikenal
kembali oleh masyarakat. Karawang sendiri mempunyai annual event besar yang
bertujuan melestarikan kebudayaan dan kesenian serta sejarah kabupaten Karawang,
yaitu Karawang Creative Night. Event tersebut sudah diselenggarakan sejak 2015.
Berdasarkan data penyelenggara jumlah pengunjung meningkat secara tidak signifikan
setiap tahunnya. Identittas visual dari Karawang Creative Night sendiri belum
mencerminkan kota Karawang. Maka dari itu, dibutuhkannya perancangan identitas
visual untuk Karawang Creative Night agar mencerminkan kota Karawang. Penelitian
ini dilakukan dengan metode pengumpulan data kualitatif seperti studi pustaka,
wawancara, dan kuesioner. Serta analisis data diakukan dengan menerapkan metode
matriks dan SWOT. Hasil dari penelitian ini akan berupa sebuah perancangan identitas
visual dari event Karawang Creative Night yang nantinya diharapkan dapat menarik
pengunjung untuk Karwang Creative Night sehingga dapat mengenalkan kesenian dan
kebudayaan Karawang.