PERANCANGAN VISUAL ART GAME LIMBAH GREENZONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SADAR LINGKUNGAN

MOHAMAD MARDIKHA GEMAHAN AKBAR

Informasi Dasar

66 kali
20.04.1890
704.943 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari kegiatan produksi rumah tangga, industri, pertambangan, dan lain sebagainya. Limbah B3 adalah jenis limbah yang sifatnya beracun dan berbahaya baik bagi lingkungan maupun makhluk hidup terutama manusia. Pada tahun 2017 terjadi pencemaran di sungai Ciwandan dekat pabrik SUJ (Sinar Utama Jaya). Sekitar 100 meter dari tempat tinggal kacamatan Ciwandan terdapat tanda bahaya limbah pipa gas, yang rutenya terhubung dengan pabrik SUJ, namun masyarakat tetap tinggal disana tanpa merasa khawatir terhadap bahaya yang mengancam. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang Visual Art Game 2D sebagai salah satu bentuk upaya merubah kesadaran masyarakat terhadap bahaya dari limbah B3 yang dihasilkan oleh pabrik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi literatur yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game “GreenZone” dengan format 2D yang di dalamnya memuat nilai-nilai pembelajaran, terutama berkaitan dengan bahaya limbah B3. Sehingga melalui game ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kewaspadaan pada lingkungan yang tertanam dalam diri para remaja di Indonesia.

Subjek

VISUAL ART
 

Katalog

PERANCANGAN VISUAL ART GAME LIMBAH GREENZONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SADAR LINGKUNGAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMAD MARDIKHA GEMAHAN AKBAR
Perorangan
RULLY SUMARLIN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini