Penelitian ini dilatarbelakangi oleh respon dari kuesioner yang telah disebarluaskan ke masyarakat terhadap sistem yang berjalan dan permintaan pembaharuan sistem pemesanan wedding dan party planner yang dapat mempermudah kedua belah pihak. Penilaian tersebut merupakan hasil dari penyebaran kuesioner dan wawancara. Saat ini, pemesanan masih mengharuskan customer mendatangi tempat vendor wedding atau party organizer. Proses lainnya seperti pembuatan laporan, penghitungan biaya, penerimaan pesanan dan pengecekan pesanan pelanggan masih menggunakan cara manual, sehingga mengakibatkan adanya kemungkinan kehilangan data, kesalahan ketika penginputan data, dan kesalahan perhitungan. Jika terjadi kesalahan, maka data yang dihasilkan tidak konkrit dan menurunkan kualitas perusahaan tersebut. Sebaliknya, mutu sebuah perusahaan akan meningkat jika hasil dan jasa yang berikan memuaskan pelanggannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web yang dapat memudahkan para customer melakukan pemesanan dan konfirmasi pembayaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, guna untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Kata Kunci: Kuisioner, Wedding organizer, Party Organizer, Aplikasi berbasis web.