Manajemen layanan Teknologi Informasi memiliki pengaruh untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi dalam mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan PT. Dirgantara Indonesia sebagai lembaga perusahaan yang bergerak pada pada bidang pembuatan pesawat terbang harus menerapkan manajemen layanan yang baik untuk menunjang aktivitas kerja perusahaan. Layanan teknologi informasi yang berkualitas tinggi berarti mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi diharapkan dapat memberikan manfaat pada dunia bisnis. Maka dari itu dilakukan penelitian untuk dapat melakukan analisis perancangan manajemen layanan teknologi informasi di PT. Dirgantara Indonesia menggunakan framework ITIL v3 sebagai pedoman untuk mengembangkan layanan Teknologi Informasi berdasarkan kebutuhan bisnis perusahaan dan COBIT 5 implementation sebagai pedoman dalam menerapkan penyusunan pengembangan.
Kata Kunci: Manajemen Layanan TI, ITIL v3, COBIT 5 implementation, ITIL Service Transition.