Berbagai usaha dilakukan perusahaan untuk menciptakan produk yang unggul dalam kegiatan pemasaran, perusahaan membutuhkan suatu strategi untuk mempengaruhi pasar. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk sejenis, keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produknya ditentukan melalui proses riset pasar yang relevan yang mampu mengidentifikasi peluang untuk memudahkan dalam menentukan strategi pemasaran. Diferensiasi produk menjadi strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik minat konsumen. Pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen untuk membeli produk sepatu football berbeda-beda bergantung pada jenis produk dan kebutuhan akan fitur yang akan dibelinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor bentuk, fitur, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, durability (daya tahan), kehandalan, gaya, rancangan dan repairability terhadap pengambilan keputusan pembelian oleh masyarakat kota Bandung dalam membeli sepatu Nike football. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (simultan) dan uji t (parsial) untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (? =0,05), tingkat ketelitian 5%, tingkat kesalahan 10% probabilitas terima/tolak 0.05%