Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait utilitarian browsing dan hedonic browsing pada e-commerce Blibli.com. Berdasarkan hasil pra survey, adanya komentar negatif pada kedua variabel tersebut dimana menyebabkan menurunnya e-impulse buying konsumen terhadap produk yang ada di e-commerce Blibli.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Utilitarian Browsing dan Hedonic Browsing terhadap E-Impulse Buying pengguna e-commerce Blibli.com di Indonesia
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 400 responden. Penelitian ini juga menggunakan metode probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda
Berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel Utilitarian Browsing (X1) berada pada kategori cukup baik, variabel Hedonic Browsing (X2) berada pada kategori baik, dan variabel E-Impulse Buying (Y) berada pada kategori cukup baik. Hasil analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa Utilitarian Browsing (X1) dan Hedonic Browsing (X2) berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse Buying (Y) Blibli.com di Indonesia baik secara parsial maupum simultan. Berdasarkan hasil uji analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 47,5%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen yaitu utilitarian browsing dan hedonic browsing terhadap variabel dependen yaitu e-impulse buying adalah 47,5% sedangkan sisanya 52,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Utilitarian Browsing, Hedonic Browsing, E-Impulse Buying