Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris apakah daya tarik iklan memberikan pengaruh terhadap brand awaraness audiens. Objek penelitian ini adalah audiens kota bandung yang pernah melihat tayangan iklan AXIS “internet gaul” pada media televisi. Variabel daya tarik iklan yang digunakan adalah feature, competitive advantage, favorable price, news, product/service popularity dan emotionals
Dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada seluruh masyarakat di Kota Bandung berusia 15-25 tahun yang berjumlah 435.748 jiwa. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden berdasarkan rumus slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh struktur persamaan regresi sebagai berikut : Y= 0,208X1 + 0,119X2 + (-0,301X3) + (-0,039X4) + 0,173X5 + 0,693X6 + ? Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa variabel daya tarik iklan secara bersama-sama mempengaruhi brand awareness sebesar 73,5%. Dari variabel daya tarik iklan, variabel feature, favorable price, product/service popularity, dan emotionals berpengaruh signifikan terhadap brand awaraness. Variabel emotionals (X6) menjadi variabel dengan pengaruh positif paling besar yaitu 50,1%.
Kata kunci: daya tarik iklan, brand awareness