Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah adanya ketidakefektifan penyebaran informasi yang terdapat dalam portal web HCGA pada Unit Bisnis Human Capital Center di CO. Telkom Bandung. Untuk itu dilakukan penelitian dengan mengkategorikan responden ke dalam kelompok aktif dan pasif dalam menggunakan intranet sehingga dapat diidentifikasi apa saja faktor penentu perilaku karyawan HCC ketika mencari informasi perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis data nya menggunakan analisis diskriminan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kemampuan, usia, pendidikan, personality, masa kerja, band, persepsi, sikap, motivasi dan daya tarik web. Untuk variabel dependennya adalah pengguna intranet aktif dan pengguna intranet pasif. Populasi dalam penelitian adalah karyawan Human Capital Center yang berjumlah 132 orang dan responden diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 100 orang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemampuan, usia, band karyawan, persepsi, personality, dan daya tarik web lah yang paling tinggi nilai discriminating power nya untuk mengkategorikan responden kedalam 2 kelompok yang berbeda. Sedangkan variabel pendidikan, masa kerja, sikap, dan motivasi tidak dimasukkan dalam penelitian karena memiliki nilai discriminating power yang paling lemah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden pengguna intranet aktif adalah yang memiliki kemampuan adaptasi terhadap teknologi yang tinggi, usia yang lebih muda, persepsi yang baik terhadap portal web HCGA, band karyawan yang lebih tinggi, dan menganggap bahwa teknologi itu sebagai kebutuhan yang penting. Sedangkan untuk responden pasif karakteristiknya adalah tidak memiliki kemampuan adaptasi terhadap teknologi yang tinggi, usia yang lebih tua, persepsi yang kurang baik terhadap portal web HCGA, band karyawan yang lebih rendah, dan menganggap bahwa teknologi itu sebagai kebutuhan yang tidak terlalu penting
Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Perilaku Organisasi, Teknologi Komunikasi, Intranet