Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) sebagai suatu institusi pendidikan yang memegang nilai Entrepreneurship memiliki kewajiban untuk melahirkan entrepreneurs baru dari kalangan mahasiswa IM Telkom yang diupayakan dengan pengadaan mata kuliah Entrepreneurship. Pada dasarnya tujuan mata kuliah ini tercapai, akan tetapi belum terdapat wadah yang dapat digunakan untuk menerjemahkan ide bisnis tersebut secara lengkap, faktual, dan riil. Hal inilah yang menimbulkan kendala bisnis, sehingga menyebabkan minimnya mahasiswa IM Telkom yang menjalankan bisnis dan cukup banyak mahasiswa yang pernah menjalankan bisnis namun berhenti di tengah jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung keberhasilan kewirausahaan mahasiswa IM Telkom, khususnya program strata satu.
Inkubator bisnis adalah suatu program yang dimaksudkan untuk mematangkan bisnis mahasiswa melalui layanan yang disediakan, yaitu 7S sesuai dengan teori dari Hon. Peter Reith, MP (2000). 7S tersebut menjadi variabel awal dalam penelitian ini yang terdiri dari space, shared, services, support, skill development, seed capital, dan synergy.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 100 mahasiswa strata satu IM Telkom angkatan 2009-2011 sebagai responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner penelitian ini memiliki 25 pernyataan yang menjadi variabel awal. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan metode analisis faktor dengan bantuan software SPSS 20.
Penelitian ini menghasilkan enam faktor yang mendukung kewirausahaan mahasiswa strata satu IM Telkom angkatan 2009-2011 yang diperoleh melalui proses analisis faktor. Keenam faktor tersebut adalah faktor layanan (services) sebesar 41,327%, faktor dukungan (support) sebesar 7,626%, faktor pengembangan kemampuan (skill development) sebesar 7,068%, faktor sarana prasarana dan pemasaran (infrastructure and marketing) sebesar 5,448%, faktor sinergi (synergy) sebesar 4,829%, dan faktor tempat dan potensi bisnis (business space and potential) sebesar 4,166%. Total keseluruhan adalah sebesar 70,465%, sehingga terdapat faktor lain sebesar 29,535% yang juga mendukung keberhasilan kewirausahaan.
Kata kunci : Faktor pendukung kewirausahaan, inkubator bisnis.