ABSTRAK
Dalam memasarkan produk Teh Botol Sosro untuk dapt mempertahankan sebagai posisi pemimpin pasar (market leader), maka PT.Sinar Sosro harus memperhatikan proses pendistribusian produk dengan baik, karena dengan pendistribusian produk yang baik dapat menjadikan produk Teh Botol Sosro selalu tersedia dan mudah didapatkan dimana saja dan kapan saja pada saat konsumen butuhkan. Untuk mempertahankan posisi sebagai market leader maka perusahaan harus memperhatikan beberapa aspek yang terdapat dalam saluran distribusi, yaitu : aspek ketersediaan produk (Availibility), kemudahan memperoleh produk (Accesibility), dan pelayanan (Service). Studi kasus dalam penelitian ini dilakukan di PT.Sinar Sosro Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Jawa Barat Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantitatif (mix method). Variabel penelitian menggunakan saluran distribusi sebagai variabel. Dan dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis data berupa analisis deskriptif, analisis IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary), serta analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunieties, Threat)
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa saluran distribusi dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan produk Teh Botol Sosro sebagai pemimpin pasar di industri minuman teh dalam kemasan. dan terdapat dua jenis saluran distribusi yang dimiliki oleh PT.Sinar Sosro KPW Jawa Barat Utara yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Aspek ketersediaan (availibility) menjadi aspek yang paling berpengaruh.
Distribusi produk Teh Botol Sosro pada PT.Sinar Sosro KPW Jawa Barat Utara sudah baik, namun perlu diadakan beberapa perbaikan dan peningkatan khususnya pada proses pengiriman agar tidak terjadi keterlambatan dan kekosongan produk dalam jangka waktu yang lama, selain itu perusahaan harus selalu menjaga dan membina hubungan baik dengan para anggota saluran distribusi agar loyalitas tetap terjaga.
Kata kunci : Saluran distribusi, pemimpin pasar.Analisis IFAS dan EFAS, Analisis SWOT.