Pengaruh Word of Mouth Marketing Melalui Twitter terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di 7 Eleven Jakarta pada Tahun 2012

ASKY LARASATI

Informasi Dasar

63 kali
13.04.515
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Word of mouth marketing menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan dalam dunia marketing. Alasannya karena banyak pemirsa televisi yang mulai jenuh dengan tayangan iklan lewat media tradisional ini. PT. Modern Putra Indonesia (7 Eleven) memanfaatkan social media seperti Twitter untuk promosi. Sesuai dengan 7 Eleven yang menngarap segmen youth, pemanfaatan social media menimbulkan ketertarikan untuk melakukan conversation yang selanjutnya dapat menyebar dengan cepat karena segmen youth itu cenderung media excitement. Tools media online mengirim pesan lebih cepat, lebih besar, dan lebih baik dari apapun dari setiap iklan produk atau lainnya disbanding misalnya dengan mendengarkan radio, membaca koran, majalah, atau melihat TV. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya pengaruh word of mouth marketing yaitu talkers, topics, tools, taking part dan tracking terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada akun Twitter @7ElevenID tahun 2012. Sampel penelitian ini sebanyak 397 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R menjelaskan adanya hubungan yang kuat antara variabel talkers, topics, tools, taking part dan tracking terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 48.6%. Sementara dengan hasil uji simultan diketahui bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel dan sig F menunjukkan signifikan sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa talkers, topics, tools, taking part dan tracking secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengolahan data dengan uji t menunjukkan secara parsial variabel talkers, topics, tools dan tracking berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial, sedangkan variabel taking part tidak berpengaruh. Artinya apabila talkers, topics, tools dan tracking rendah, maka prestasi keputusan pembelian juga menurun, begitu pula sebaliknya. Saran bagi perusahaan yang bisa dikemukakan berdasarkan hasil penelitian antara lain, dengan lebih meningkatkan partisipasi followers akun Twitter @7ElevenID untuk turut serta mempromosikan 7 Eleven, meningkatkan antusiasme followers untuk mengikuti kuis yang diadakan melalui Twitter, kecepatan merespon kritik yang dilontarkan oleh followers melalui akun Twitter @7ElevenID agar dapat ditingkatkan lagi.

Kata kunci : word of mouth marketing, talkers, topics, tools, taking part, tracking, keputusan pembelian

Subjek

SOCIAL MEDIA-INTERNET MARKETING
COMMUNICATION IN MARKETING, CONSUMER BEHAVIOR

Katalog

Pengaruh Word of Mouth Marketing Melalui Twitter terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di 7 Eleven Jakarta pada Tahun 2012
-
xiv, 130p.: il.; 21cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASKY LARASATI
Perorangan
Rah. Utami Nugrahani
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] SMTM Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini