Dalam industri transportasi khususnya shuttle service, Cipaganti, Cititrans dan Xtrans telah meraih penghargaan dari majalah The Marketeers dalam kategori Brand Championship Award. Ketiga shuttle service tersebut digunakan sebagai objek pada penelitian ini. Hadirnya pengahargaan dalam kategori brand memicu terjadinya pertukaran informasi antar konsumen maupun orang awam yang mengetahuinya. Pengalaman dari konsumen menjadi suatu perangkat keyakinan yang dapat membentuk rantai pemasaran bagi perushaan shuttle service di masa yang akan datang. Berkembangnya industri shuttle service tidak lepas dari rekomendasi dan informasi yang dibicarakan oleh konsumen kepada konsumen atau kepada orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan customer experience terhadap pembentukan word of mouth dalam industri transportasi travel shuttle service. Metode penelitian ini berjenis kausal, menggunakan analisis Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan teknik sampling berupa proportional stratified sampling. Kuesioner disebarkan kepada 382 responden dengan menggunakan skala interval. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari brand image dan customer experience terhadap pembentukan word of mouth di industri transportasi travel shuttle service.
Kata kunci: Brand image, customer experience, word of mouth