Perkembangan dunia fesyen/pakaian telah melaju dengan begitu pesat terlebih 
untuk para pelaku industri pakaian lokal. Produk lokal lebih bisa dihargai oleh 
masyarakat seiring dengan meningkatnya kualitas produk lokal yang semakin baik dan 
tidak kalah dengan merek-merek luar negeri. Inovasi yang diberikan oleh para pelaku 
industri fesyen/pakaian juga diluar ekspetasi orang-orang yang beranggapan merek 
lokal tidak bisa bersaing dengan merek dari luar negeri. Pada kenyataannya, merek 
lokal bisa bersaing dengan merek luar negeri dan menawarkan harga yang lebih 
terjankau dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Hal tersebut membuktikan bahwa 
merek lokal lebih pantas untuk dibeli. Berkembangnya merek lokal tidak lepas dari 
dukungan masyarakat yang berantusias dan bangga dengan menggunakan merek lokal.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh 
ekuitas merek (kesadaran merek, presepsi merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek) 
terhadap keputusan pembelian online merek Thanksinsomnia. 
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kausal dengan pendekatan 
kuantitatif. Pengumpulan data akan dilakukan kepada para konsumen atau pembeli 
Thanksinsomnia dengan menyebarkan kuosioner online. Sampel data tersebut akan 
dianalis menggunakan SmartPLS 3.0. Pengambilan sampel yang dilakukan adalah 
metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling kepada 115 
responden. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ekuitas merek berpengaruh 
positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam pembelian online merek
Thanksinsomnia. Oleh karenanya, Thanksinsomnia diharuskan untuk terus 
meningkatkan kualitas produknya agar dapat mempertahankan ekuitas merek 
Thanksinsomnia.