ABSTRAK
PERANCANGAN MOBILE GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI ZERO WASTE LIFESTYLE BAGI REMAJA
Oleh
Gustin A. Sutedja
NIM: 109300069
Zero Waste adalah istilah yang digunakan pertama kali sebagai nama perusahaan yaitu Zero Waste System Inc. (ZWS) oleh Paul Palmer yang merupakan seorang ahli kimia dengan tujuan awal untuk meminimalkan pengaruh industri kimia pada lingkungan sekitarnya. Antara tahun 1998 dan 2002, konsep Zero Waste mulai banyak diterapkan dalam komunitas-komunitas global untuk mengurangi pembentukan sampah. Sayangnya sebagian besar masyarakat di Indonesia masih terpaku pada pola pikir bahwa sampah adalah sesuatu yang sudah tidak memiliki kegunaan sama sekali sehingga opsi terakhirnya hanyalah cukup membuangnya. Hal ini bisa kita lihat dari sistem pengelolaan sampah di Indonesia yang masih umum diterapkan yaitu dengan pola sederhana kumpul, angkut dan buang.
Ada jutaan penduduk yang harus mau mengubah kebiasaan serta pemahamannya tentang sampah agar Zero Waste di Indonesia bisa tercapai. Konsep Zero Waste bisa ditanamkan kepada remaja Indonesia dengan pendekatan yang menyenangkan melalui media game karena berbagai keunggulannya dari segi pendidikan. Metode pengumpulan data untuk Tugas Akhir ini adalah dengan observasi dan play test, kuesioner dan studi pustaka.
Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk merancang sebuah mobile game sebagai media edukasi Zero Waste Lifestyle bagi remaja serta model bisnisnya dengan harapan remaja Indonesia menjadi lebih mengerti dan peduli terhadap masalah sampah di negaranya melalui game ini sehingga mereka tergerak untuk menjalani Zero Waste Lifestyle.
Kata kunci: sampah, Zero Waste, mobile game, remaja