Kota Batam merupakan salah satu pulau yang berada diantara perairan Selat Malaka dan Selat Singapura. Kota Batam sebagai pusat perdagangan dan pemerintahan. Kota Batam juga sebagai pusat pariwisata yang menjadi perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara, pariwisata Kota Batam menawarkan banyak sekali hal yang dapat di kembangkan menjadi potensi pariwisata yang layak untuk di pasarkan kepada khalayak masyarakat Indonesia maupun mancanegara, diperlukan perancangan City Branding dengan tujuan agar identitas Kota Batam dikenal dan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dari 6 juta/tahun menjadi 10 - 13 juta/tahunnya.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survey, observasi, wawancara dan studi pustaka, didapatkan data bahwa dibutuhkan perancangan identitas Kota Batam serta penerapan identitas tersebut pada media – media promosi untuk mendukung dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Batam.
Konsep perancangan kali ini adalah “Come to Batam”, yang artinya ajakan untuk datang ke Kota Batam. Perancangan City Branding Kota Batam menggunakan kebudayaan Budaya Melayu yang sangat diminati masyarakat, terdiri dari kuliner, dan kerajinan tangan khas Kota Batam serta ragam hias dan unsur-unsur budaya lainnya sebagai acuan dalam visualisasi media - media yang meliputi logo Identitas Kota Batam, serta pada penerapan media brosur, iklan majalah, iklan surat kabar, website, x-banner, umbul-umbul, dan media pendukung lainnya. Diharapkan perancangan ini dapat membantu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam dalam perancangan identitas yang lebih baik yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Kota Batam.