Pulau Ketawai merupakan sebuah pulau yang berlokasi di kab. Bangka Tengah, kepulauan Bangka Belitung. Pulau Ketawai telah lama ditemukan, tetapi pada tahun 2011 barulah dilakukan suatu perbaikan dan pembersihan agar Pulau Ketawai terlihat lebih indah. Pulau Ketawai memiliki suasana yang tenang dan nyaman dan juga dilengkapi dengan keindahan pantai dan keragaman biota laut yang enak untuk dinikmati. Sehingga kurang dikenal oleh masyarakat dan juga para wisatawan, terutama masyarakat yang berada di luar Pulau Bangka.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara terstruktur dan studi pustaka. Didapatkan data bahwa dibutuhkan suatu identitas dan penerapannya kedalam media informasi untuk dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat di dalam ataupun di luar Pulau Bangka terhadap keberadaan Pulau Ketawai.
Dari hasil analisis data diperoleh konsep perencanaan dengan tagline “Terbang melayang di atas terumbu karang”, yang artinya adalah masyarakat yang datang ke Pulau Ketawai dapat menikmati keindahan yang terdapat di Pulau. Perancangan branding Pulau Ketawai sendiri menerapkan unsur – unsur kebudayaan dari Pulau Bangka Belitung, seperti motif batik cual dan warna pakaian adat. Media informasi yang akan di aplikasikan oleh identitas Pulau Ketawai adalah Logo, poster, website, brosur, iklan majalah, iklan Koran, dan media jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Diharapkan perancangan ini dapat membantu pihak Dinas Pariwisata kab. Bangka Tengah dalam membuat identitas dan penerapannya ke media informasi yang lebih baik lagi dan juga membuat Pulau Ketawai menjadi lebih dikenal di kalangan masyarakat dan juga wisatawan.
Kata kunci : Identitas, Pulau Ketawai, media informasi, budaya Bangka Belitung.