PENGARUH MOTIF BERPRESTASI, MOTIF BERAFILIASI, DAN MOTIF KEKUASAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS

DEWI HASTUTI

Informasi Dasar

27 kali
12.04.714
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha adalah motif berprestasi, berafiliasi, dan kekuasaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana motif berprestasi, berafiliasi, dan kekuasaan, mengetahui berapa besar pengaruh motif berprestasi, berafiliasi, dan kekuasaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Adminisrasi Bisnis IM Telkom, mengelahui apakah motif berprestasi dan motif berafiliasi saling terkait, mengetahui apakah motif berafiliasi dan motif kekuasaan saling terkait, dan mengetahui motifmanakah yang lebih besar pengaruhnya' Teori yang digunakan adalah teori kewirausahaan, tiga teori berprestasi David McCletland (1961), dan teori Pengukuran minat. Tiga teori tersebut adalah motif berprestasi, motif berafiliasi, dan motif kekuasaan. Sedangkan teori pengukuran minat berasal dari ucapan, tindakan, atau mcnjawab pertanyaan. Metode yang digunakan adalah studi kausal. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 820 orang yang termasuk dalam 4 angkatan mahasiswa Administrasi Bisnis IM Telkom, dengan sampel 89 orang melalui pembagian kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data mulai dari analisis deskriptif, MSI (Method of Succesive lnterval), koefisien determinasi, uji normalitas, uji F, uji T, analisis jalur, hingga Pengujian hipotesis. Hasil yang didapat adalah terdapat molif berprestasi, berafiliasi, kekuasaan, dan minat berwirausaha secara deskriptif pada mahasiswa Administrasi Bisnis lM Tetkom. Koefisien determinasi (R2) sebesar 34,9%, hal ini menunjukan bahwa X berpengaruh terhadap Y walau tidak begitu besar. Dalam uji F (simultan), F hitung yang dihasilkan adalah 15.16l' lebih besar dari F tabel 2,825 dan angka signifikansi (sig) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Dalam uji t (parsial)' t hitung yang dihasilkan motif berprestasi, berafiliasi, dan kekuasaan tcrhadap minat berwirausaha masing-masing zrdalah 3.647,0.878, dan 3'058, sedangkan t tabel sebesar l-662, yang artnya motifberprestasi dan kekuasaan memberikan penganrh, sedangkar motifberafiliasi tidak mcmberikan pcngaruh pada minat LerwirausaUa. Birdasarkan analisis jalur, hubungan Xl dan X2 adalah s€besar 54.?%, hubungan X2 dan X3 adalah sebesar 30.8%. Dapat disimpulkan bahwa motif yang berPengaruh paling besar terhadap minat berwirausaha adalah motif berprestasi, sebesar 50.9%. Kata Kunci: motif berprestasi, motif berafiliasi, motif kekuasaan, minat berwirausaha

Subjek

Ilmu Tafsir
 

Katalog

PENGARUH MOTIF BERPRESTASI, MOTIF BERAFILIASI, DAN MOTIF KEKUASAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI HASTUTI
Perorangan
Kristina Sisilia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini