Tujuan pokok utama perusahaan adalah memperoleh laba,
tujuan tersebut dapat dicapai melalui jalur pemasaran. Strategi
pemasaran yang dapat digunakan adalah sistem direct selling yang
dilakukan oleh agen. Pencapaian agen dalam peniualan dapu diukur
dari segi kuartitas dan kualitas. Penetitian tentang pergaruh agen
terhadap volume penjualan ini dilakukan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh dari variabel kuantitas dan kualitas agen (X)
pada PT Commonwealth Life Cabang Yogyakarta terhadap variabel
volume penjualan (Y).
Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode
analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan uji hipotesis
yaitu uji F dan uji t. Kemudian menggunakan perhitungan korelasi
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi
kuantitas dan kualitas agen terhadap volume penjualan.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan Y : -446,865 -
5,102 X1 + 20,709 X2, yang memiliki arti bahwa variabel kuantitas
berpengaruh negative terhadap volume penjualan dan kualitas
berpengaruh positif terhadap volume penjualan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji
statistik bahwa variabel kuantitas dan kualitas secara bersama-sama
(simultan-uji F) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume
Penjualan. Berdasarkan uji t, hasil yang diperoleh bahwa kuantitas
tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan sedangkan
kualitas berpengaruh signifi kan terhadap volume penjualan.
Kata kunci : Pemasaran, bauran promosi, personal selling,
manajemen penjualan pengukuran kuantitatif, pengukuran kualitatif, dan volume penjualan.