Pencapaian kinerja karyawan outsourcing PT.Telkom DIVA Pada
pengelolaan operasional jaringan pada Speedy dan Grovia Pada tahun 2012
mengalami peningkatan dan diikuti dengan kenaikan jumlah ketidakhadiran
karyawan. Hal teIsebut bertentangan dengan teori menuut McClelland
(Mangkunegara, 2012:76) yang menyatakan bahwa motivasi memiliki
hubungan yang positif dengan kinerja artinya manajer dan pegawai yang
mempunyai motivasi yang tinggi akan mempunyai kinerja yang tinggi,
sebaliknya mereka yang memiliki motivasi yang rendah mempunyai kinerja
yang rendah.
Penelitian ini menggunakan metode kausal dengan tujuan untuk menelaah
kausalitas antar variabel yang menjelaskan suatu fenomena tertentu, dalam
penelitian ini penutis ingin mengetahui pengaruh motivasi tertadap kinerja
karyawan outsourcing PT.Telkom DIVA. Jumlah sampel yang digunakan
sebanyak 62 responden, dan teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi sederhana untuk mengeahui pengaruh motivasi terhadap
kinerja karyawan outsourcing PT.Telkom DIVA.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi sebagai berikut :
Y = 0,967 + 0,617x. nilai konstanta a memiliki arti bahwa nilai X (Motivasi)
bernilai 0, maka Y (kinerja karyawan) bemilai 0,967. Sedangkan koefisien regresi b menyatakan bahwa setiaP X meningkar I mata Y (kinda karyawan) akan meningkat sebesar 0.617.
Berdasarkan hipotesis diatas dapat diketahui bahwa t hitung (2,492) Iebih
besar dari t tabel (2,000 ) sehinega H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan
bahwa motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan outsourcing
PT.Telkom DIVA, dan nilai koefisien determinasi motivasi terhadap kinerja
karyawan sebesar 31% sedangkan sisanya sebesar 69% dipengaruhi oleh
faktor lain.