Penelitian ini berjudul “Peran Komunitas Sepakbola dalam Mendukung Sikap Fanatisme Positif (Studi Kasus dalam Komunitas Viking Persib Club)”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran komunitas sepakbola dalam menumbuhkan sikap fanatisme positif (Studi Kasus dalam Komunitas Viking Persib) khususnya dari segi usaha kreatif, media komunikasi, dan kegiatan sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam memenuhi kebutuhan atribut anggotanya, komunitas Viking membentuk divisi fanshop yang berperan memfasilitasi kebutuhan anggota, mewadahi kreativitas anggota, dan mengembangkan sumber daya anggota.
Dalam memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi anggota, di samping menggunakan sekretariat untuk berkomunikasi secara langsung, Viking pun membuka akun facebook yaitu Viking Persib dan twitter yaitu @officialvpc.
Komunitas Viking pun bekerjasama dengan berbagai media massa lokal seperti STV dan Bobotoh 96,7 FM. Berbagai kegiatan sosial seperti gathering dan bakti sosial Viking berperan dalam menjaga kebersamaan anggota dan solidaritas terhadap masyarakat. Seluruh hal tersebut yang diyakini membangun fanatisme positif Viking Persib selama ini.
Kata Kunci: komunitas, fanatisme positif, Viking Persib.