Penelitian ini dilakukan pada perusahaan penyedia layanan Jasa Petikemas yaitu PT Jakarta International Container Terminal. Penelitian ini difokuskan pada strategi media relations yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti strategi media relations dalam mempertahankan citra PT Jakarta International Container Terminal.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif.. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan wawancara informan yang sesuai dengan data yang dibutuhkan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara deskriptif.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa media relations yang dilakukan oleh PT. Jakarta International Container Terminal di dukung dengan kegiatan-kegiatan media relations seperti, press conference, press tour, press release, press interview, press gathering, press briefing, press statement, dan Press receptions. Adanya hubungan yang harmonis dengan pihak media , maka tercipta rasa saling menghargai satu sama lain. Rasa saling menghargai itu tercermin dari pihak media yang selalu berusaha untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap informasi yang berkaitan dengan PT. Jakarta International Container Terminal sebelum informasi tersebut dimuat di media massa.