Radio Ardan 105.9 FM merupakan bagian dari manajemen radio Ardan Group perusahaan yang bergerak dibidang media di Bandung. Industri radio di Jawa Barat saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat, dapat di prediksi akan banyak persaingan antar sesama stasiun radio. Radio Ardan mempunyai cara tersendiri untuk mempromosikan diri, menurut program manager radio Ardan Austina Permana, brand image sangat berpengaruh dalam peningkatan jumlah pendengar. Salah satu upaya untuk membentuk brand image yang positif adalah dengan menyelenggarakan event. Sejak tahun 2008 radio Ardan memiliki program unggulan yaitu berupa live event yang juga disiarkan secara on air yaitu “Ardan Ngejamz”. Jumlah pendengar “Ardan Ngejamz” terus meningkat hingga tahun 2012 tetapi mengalami penurunan di awal tahun 2013. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh event “Ardan Ngejamz” terhadap brand image radio ardan 105.9 FM Banudng.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Peneliti menggunakan 400 responden sebagai sampel dengan teknik convenience sampling serta dengan teknik analisis regresi linear sederhana dimana event “Ardan ngejamz” sebagai variabel independen dan brand image radio Ardan 105.9 FM Bandung sebagai variabel dependen.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa event “Ardan Ngejamz” dikatagorikan sudah baik dengan persentase sebesar 74,88% dan brand image radio Ardan 105.9 FM Bandung sudah baik dengan persentase sebesar 74,16%, serta terdapat pengaruh signifikan antara event “Ardan Ngejamz” terhadap brand image radio Ardan 105.9 FM Bandung sebesar 89,6%. Dimana hasil Fhitung = 3444,82 > Ftabel = 3,86 maka H0 ditolak.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, perusahaan diharapkan dapat lebih memahami harapan pengunjung dengan menyesuaikan waktu dan hari pelaksanaan event agar lebih banyak lagi pengunjung yang dapat menyaksikan event “Adran Ngejamz” secara langsung. Serta menambah segmen hiburan karena pengunjung yang datang ke acara ini berharap dapat merasa terhibur sehingga mereka puas sudah meluangkan waktu untuk datang ke event ini.
Kata Kunci : Event, Radio, Brand Image