ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial Facebook terhadap pemenuhan kebutuhan informasi, dalam hal ini informasi yang diteliti adalah informasi terkait MotoGP pada fanpage Facebook MotoGP Mania Indonesia. Variabel bebas dalam penelitian ini penggunaan media sosial dengan variabel terikat adalah pemenuhan kebutuhan informasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Populasi dari penelitian ini adalah anggota fanpage MotoGP Mania Indonesia di Facebook.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, nilai dari b = 0,281, dimana tersebut bernilai positif, yang artinya Penggunaan Media Sosial Facebook memberikan pengaruh positif terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Dari Uji hipotesis (Uji t), thitung sebesar 18,035 dan ttabel sebesar 1.966 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap pemenuhan kebutuhan informasi MotoGP dalam fanpage MotoGP Mania Indonesia
Kata Kunci: Internet, Media Sosial, Computer Mediated Communication, Pemenuhan Kebutuhan Informasi