Kemajuan teknologi telekomunikasi sampai saat ini telah mendorong beberapa operator telekomunikasi untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada masing-masing pelanggannya. Namun peningkatan layanan tidak terlepas dari peningkatan kapasitas bandwidth serta kemampuan perangkat yang dimiliki. PT. Telkom, Tbk, merupakan salah satu operator telekomunikasi, melakukan peningkatan kinerja dengan menggelar jaringan sistem komunikasi serat optik backbone JASUKA untuk mengatasi kebutuhan bandwidth pada penggunaan jasa
internet
Backbone JASUKA merupakan sistem jaringan transport Sistem Komunikasi Serat Optik (SKSO) dan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan kota-kota di Sumatera, Jawa dan Kalimantan Sistem transmisi komunikasi serat optik backbone JASUKA merupakan sistem komunikasi yang dikelola oleh Divisi INFRATEL (Infrastruktur Telekomunikasi) PT.Telkom, Tbk.Pada Tugas Akhir ini akan dianalisis performansi ring pertama backbone JASUKA yang meliputi evaluasi terhadap fleksibilitas perangkat dilihat dari kapabilitas, kompabilitas, dan sistem proteksi lalu dilanjutkan analisis terhadap maintenabilitas dan availabilitas. Dari hasil analisis dapat diketahui bagaimana menangani gangguan yang terjadi pada jasukabackbone melalui hasil BER-Test, RFC-2544, ping dan tracert pada ticket no 49476 diketahui sinyal BER berada dibawah standard yaitu 10 (alarm mayor) dan pada ticket no 49461 hasil BER menunjukan adanya lost frame 2 errared frame 1 dan FCS errored frame 1 yang menunjukan adanya gangguan, dan telah di tanggulangi dengan segera.