Kecenderungan didalam infrastruktur jaringan untuk informasi dan komunikasi dimasa mendatang adalah dapat menyediakan semua jenis interaksi-interaksi teknologi informasi (suara, data, dan multimedia) yang dapat berkembang lebih efektif dan efisien. Jaringan yang dimaksud adalah NGN (Next Generation Network) yang merupakan salah satu jaringan telekomunikasi yang berbasis paket dan Softswitch salah satu pendukung yang menjadi tulang punggung yang mewakili sebagai sistem sentral. Softswitch mampu memberikan layanan telepon sebagai pengontrol panggilan dan mampu memadukan berbagai kemampuan layanan voice, data dan multimedia.PT.Telkom yang menjadi salah satu operator di Indonesia memiliki misi untuk memberikan layanan yang berkualitas yaitu dengan pengadaan sistem softswitch. Dimana sistem softswitch secara bertahap menuju jaringan NGN yang mampu melayani suara maupun data (paket) dengan tujuan untuk mendapatkan keunggulan dalam meningkatkan permintaan kebutuhan saat ini dan akan mendatang. Pada sistem softswitch ini memberikan salah satu layanan yaitu layanan komunikasi suara yang berkualitas dan sebuah tampilan performansi keberhasilan panggilan. Namun, tingkat kegagalan bisa saja terjadi kapanpun yang dapat mempengaruhi performansi jaringan. Sehingga tugas akhir ini mempunyai tujuan yaitu menganalisa kegagalan panggilan dan menganalisa yang mejadi penyebab kegagalan panggilan pada softswitch,