PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC

SOVIA MAJID

Informasi Dasar

180 kali
23.04.3619
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Saat ini penggunaan skincare dan kosmetik sangat melonjak di Indonesia, hal ini terjadi karena skincare memiliki peran penting bagi kesehatan dan kecantikan masyarakat Indonesia. Salah satu brand skincare di Indonesia adalah Somethinc. Pada tahun 2022 Somethinc menduduki peringkat ke-empat dengan persentase market sharenya sebesar 19%, yang mana hal tersebut tidak bisa menjadikan Somethinc sebagai market leader di pasarnya. Oleh karena itu, diduga kuat bahwa celebrity endorser, brand image dan brand trust mampu meningkatkan penjualan Somethinc.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh celebrity endorser, brand image dan brand trust dalam keputusan pembelian pada produk Somethinc. Dampak dari pengujian ini untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel tersebut untuk menaikkan market share Somethinc.

Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan tujuan penelitian deksriptif dan bersifat kausal. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 386 responden pengguna produk Somethinc. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser, brand image dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Somethinc agar bisa menaikkan market share Somethinc.

Adapun saran yang penulis berikan adalah mempertahankan dan meningkatkan pemilihan celebrity endorser yang memiliki citra yang baik dalam mengenalkan produk Somethinc. Menjaga image baik yang sudah dibangun dan tetap menjaga kepercayaan konsumen dengan selalu mengeluarkan produk baru yang sudah disesuaikan dengan kondisi kulit masyarakat Indonesia dan sudah terjamin aman. Peneliti selanjutnya dapat mencoba variabel lain diluar penelitian ini agar mendapat data yang lebih relevan dan valid.

Kata kunci: brand image, brand trust, celebrity endorser, keputusan pembelian

Subjek

MANAJEMEN PEMASARAN
BRAND IMAGE,

Katalog

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SOVIA MAJID
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini