Peluang usaha bengkel reparasi ditandai dengan peningkatkan jumlah kendaraan di Indonesia sehingga banyak pemilik kendaaraan yang ingin mempercantik, memperbaiki, hingga modifikasi kendaraannya. Bengkel reparasi merupakan usaha yang menyediakan jasa perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan. Banyaknya pelaku usaha bengkel reparasi, membuat para pelaku usaha tersebut harus meningkatkan dan melakukan pengembangan usaha dengan menggunakan strategi dan inovasi bisnis untuk dapat bertahan dan bersaing dengan kompetitor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model bisnis dengan menggunakan pendekatan business model canvas dan analisis SWOT untuk memperoleh strategi baru terhadap sembilan blok business model canvas pada usaha bengkel reparasi yaitu Auto Family Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah mengetahui gambaran model bisnis dengan menggunakan pendekatan business model canvas Auto Family Jaya, hasil analisis SWOT dan matriks SWOT terhadap sembilan blok business model canvas yang meliputi customer segment, value proposition, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structures, dan hasil rekomendasi strategi baru untuk mengembangkan strategi pada business model canvas Auto Family Jaya.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan Auto Family Jaya untuk menggunakan hasil rekomendasi pengembangan bisnis menggunakan business model canvas sebagai pertimbangan dalam menjalankan bisnis dan bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keahlian terkait pengembangan bisnis dengan menggunakan pendekatan business model canvas.
Kata Kunci: pengembangan bisnis, business model canvas, analisis SWOT