PORTA By the Ambarrukmo Hotel menggunakan media sosial Instagram sebagai media paling efektif untuk menyebarluaskan informasi terkait hotel mereka. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahuiperencanaan konten serta pengelolaan konten pada akun media sosial Instagram @portahotel. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan jenis kualitatif. Pengumpulan data-data penelitian di peroleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Pengumpulan data yangdi peroleh dari hasil wawancara dilakukan dengan menggunakan dua informan kunci, satu informan ahli, dan satu informan pendukung. Peneliti menggunakan teori Regina Luttrell (2015), yakni Share(menyebarkan), Optimize (optimisasi), Manage (mengatur), dan Engage (melibatkan) untuk mengetahui pengelolaan konten pada media sosial Instagram @portahotel, serta menggunakan konsep Zimmerman dan Sahlin (2010), yakni menetapkan sasaran, menetapkan tujuan yang dapat di ukur, identifikasi target pasar (audiens), membuat perkiraan biaya, dan merancang return on investment (ROI). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PORTA dalam melakukan perencanaan rancangan konten selalu konsistensesuai dengan tema atau konsep yang di gunakan agar konten yang di sajikan sesuai dengan target audiensyang dipilih. Dalam melakukan pengelolaan konten pada media sosial Instagram @porta_hotel diketahui bahwa konten di unggah berdasarkan jadwal yang telah di tetapkan serta memiliki ketentuan berdasarkan perencanaan konten dan memiliki cirikhas PORTA.
Kata Kunci: Instagram, Pengelolaan konten, Perencanaan konten, PORTA by The Ambarrukmo Hotel.