BEHAVIORAL INTENTION KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK VIA E-COMMERCE JD CENTRAL DI THAILAND - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NUSSARA SRIARMAD

Informasi Dasar

202 kali
24.05.288
658.834 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

Konsumen dapat mengakses Internet untuk mencari informasi yang dapat membandingkan harga produk secara online. Hal ini memunculkan e-commerce yang dapat membantu konsumen untuk mengurangi waktu dalam berbelanja. Salah satunya adalah JD Central yang merupakan e-commerce terbaru di Thailand yang bersaing dalam pembelian produk dengan menggunaan teknologi media. Sejak awal diterapkannya JD Central masih dalam proses membangun basis pelanggan. Namun dengan demikian masih rendah jumlah transaksi perdagangan dan feedback dari pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat perilaku (behavioral intention)  narasumber dalam berbelanja di JD Centraldan dan mengetahui  faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat perilaku.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Dikarenakan, JD central ini adalah e-commerce terbaru di Thailand dan sedang dalam proses membangun basis pelanggan. Oleh karena itu, masih rendah jumlah konsumen yang sering atau pernah melakukan pembelian produk via e-commerce ini. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif terhadap delapan orang narasumber yang terbagi menjadi dua yaitu konsumen yang sering melakukan pembelian dan konsumen yang sekali-kali melakukan pembelian produk via e-commerce JD Central.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 faktor yang berhubungan dengan penerimaan teknologi dalam melakukan pembelian via JD Central. Dengan itu, memiliki 8 faktor dari Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) dan ditambah faktor trust. Beberapa faktor yang berpengaruh paling kuat terhadap pemanfaatan JD Central adalah ekspektasi kinerja, espektasi effort dan konditasi fasilitas. Oleh karena itu, jika JD Central ingin meningkatkan konsumen pada pembelian produk harus fokus ke tiga faktor tersebut karena merupakan alasan yang mendorong niat konsumen untuk mengambil keputusan dalam pembelian. 

Penelitian selanjutnya dapat melakukan pengujian model melalui metode kuantitatif untuk memperkuat hasil penelitian sebelumnya. Temuan studi kuantitatif akan lebih berguna daripada bersifat luas, layak untuk diselidiki secara kuantitatif dalam penelitian masa depan untuk memberikan hasil yang lebih dapat digeneralisasikan.

 

 

Kata Kunci: UTAUT 2, JD Central, Niat berperilaku konsumen, Thailand

Subjek

CONSUMEN BEHAVIOUR
 

Katalog

BEHAVIORAL INTENTION KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK VIA E-COMMERCE JD CENTRAL DI THAILAND - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUSSARA SRIARMAD
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • MMDB13 - MANAJEMEN DAN ORGANISASI DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini