Pengaruh Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya il

NI NYOMAN MARWIYATI

Informasi Dasar

50 kali
24.04.2508
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan adalah indikator utama dalam menilai keberhasilan dan efektivitas strategi yang diterapkan pada perusahaan. Bagi perusahaan-perusahaan di subsektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), nilai perusahaan tidak hanya mencerminkan performa finansial tetapi juga pengelolaan intellectual capital, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi. Intellectual capital, yang meliputi aset tidak berwujud seperti pengetahuan dan inovasi, serta ukuran perusahaan dan keputusan investasi, dapat mempengaruhi daya saing dan pertumbuhan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana masing-masing variabel tersebut mempengaruhi nilai perusahaan serta untuk memahami interaksi antara ketiga variabel ini dalam konteks perusahaan-perusahaan subsektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan sampel yang terdiri dari 65 data observasi yang diambil dari 13 perusahaan subsektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Teknik analisis data yang diterapkan adalah regresi data panel, yang dianalisis menggunakan software Eviews versi 12. Berdasarkan hasil statistik deskriptif, nilai perusahaan yang diukur menggunakan PBV dan ukuran perusahaan yang diukur dengan Ln (Total Asset) menunjukkan keseluruhan data kurang bervariasi, intellectual capital yang diukur dengan menggunakan VAIC dan keputusan investasi yang diukur dengan TAG menunjukkan keseluruhan data bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi memiliki pengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial intellectual capital dan keputusan investasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
 
Kata Kunci: Intellectual Capital, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan
 

Subjek

AKUNTANSI
 

Katalog

Pengaruh Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya il
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI NYOMAN MARWIYATI
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini