Pengaruh Independensi Komite Audit, Ukuran Komite Audit dan Rapat Komite Audit Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol (Studi Pada Perusahaan Sub Industri Perkebunan dan Tanaman Pangan yang Terdaftar di B

MUHAMAD RIZKI UTAMA

Informasi Dasar

51 kali
24.04.2511
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja perusahaan merupakan hasil yang dinilai dari aktivitas atau kegiatan perusahaan, dalam menilai ukuran keberhasilan suatu perusahaan serta gambaran menyeluruh mengenai pencapaian dan efisiensi dari serangkaian aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan operasinya. Kinerja perusahaan mencakup berbagai aspek seperti pendapatan, profitabilitas, pertumbuhan, produktivitas perusahaan serta melibatkan evaluasi terhadap sejumlah indikator kunci, seperti pendapatan bersih, laba bersih, margin keuntungan, pertumbuhan pendapatan, efisiensi biaya, tingkat kepuasan pelanggan, dan lain sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh independensi komite audit, ukuran komite audit, dan rapat komite audit terhadap kinerja perusahaan dengan ukuran perusahaan dan leverage sebagai variabel kontrol pada perusahaan sub industri perkebunan dan tanaman pangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023.
Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan perusahaan sub industri perkebunan dan tanaman pangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 13 perusahaan sub industri perkebunan dan tanaman pangan dengan periode penelitian pada tahun 2018-2023. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode kuantitatif dan dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. 
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa independensi komite audit, ukuran komite audit, dan rapat komite audit berpengaruh secara simultan terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan secara parsial independensi komite audit, ukuran komite audit, dan rapat komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel independen dan variabel kontrol yang lebih variatif dan relevan dengan keadaan masa kini, serta dapat memperpanjang periode penelitian dalam topik kinerja perusahaan. Bagi perusahaan disarankan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan sehingga perusahaan dapat lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan bisnis yang diinginkan serta meningkatkan daya saing di pasar.

Subjek

AKUNTANSI
 

Katalog

Pengaruh Independensi Komite Audit, Ukuran Komite Audit dan Rapat Komite Audit Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol (Studi Pada Perusahaan Sub Industri Perkebunan dan Tanaman Pangan yang Terdaftar di B
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD RIZKI UTAMA
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Rr. Sri Saraswati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini