PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, RISIKO PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KOMPLEKSITAS TERHADAP AUDIT FEE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FINANCIALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD RIZA RAMADHAN

Informasi Dasar

20 kali
24.04.2531
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Audit Fee adalah merupakan imbalan kepada auditor dan KAP atas jasa auditnya. Institut Akuntan Publik Indonesia memiliki Peraturan Administratif Nomor 2 Tahun 2016 tentang penetapan audit fee mengenai penetapan imbalan jasa audit. Besaran biaya audit yang menjadi hak suatu perusahaan akan bergantung pada kemampuan negosiasi antara perusahaan dan KAP.

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, risiko perusahaan, profitabilitas, dan kompleksitas terhadap audit fee pada perusahaan sektor financials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018 – 2022.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor financials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2022. Diperoleh 27 perusahaan yang dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan teknik analisis menggunakan regresi data panel melalui perangkat lunak Eviews 12. Metode analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, pengujian model regresi data panel, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, risiko perusahaan, profitabilitas, dan kompleksitas berpengaruh secara simultan terhadap audit fee. Untuk secara parsial, variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap audit fee, sedangkan variabel risiko perusahaan, profitabilitas, dan kompleksitas tidak berpengaruh terhadap audit fee.

Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengganti objek penelitian dan menggunakan variabel  selain variabel peneliti. Perusahaan diharapkan dapat memberikan informasi mengenai audit fee dalam laporan tahunan perusahaan untuk meningkatkan transparansi informasi yang bisa diterima, dan untuk auditor bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan besaran audit fee yang akan diberikan terhadap suatu perusahaan.
 

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, RISIKO PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KOMPLEKSITAS TERHADAP AUDIT FEE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FINANCIALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZA RAMADHAN
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA515013 - AUDITING 1
  • SA615023 - AUDITING 2
  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini