PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, DAN GROWTH TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (STUDI PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020 - 2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

KEYSHA ZAHARA

Informasi Dasar

52 kali
24.04.2548
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan iklim saat ini menjadi topik pencemaran lingkungan yang menarik di dunia bisnis. Pertumbuhan industri dan perekonomian yang pesat telah menyebabkan peningkatan pencemaran lingkungan, termasuk pemanasan global dan carbon emission. Pengelolaan pencemaran lingkungan hidup merupakan isu yang penting untuk dibahas di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dukungan masyarakat terhadap proses bisnis perusahaan merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga keberlanjutan perusahaan. Perusahaan harus berkomitmen menyediakan transparasi yang dibutuhkan oleh masyarakat agar mendapatkan legitimasi, salahsatunya dengan melakukan carbon emission disclosure.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh simultan dan pasial leverage, firm size, dan growth terhadap carbon emission disclosure pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020- 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 93 perusahaan selama tiga tahun, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 279 sampel penelitian. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, firm size, dan growth berpengaruh secara simultan terhadap carbon emission disclosure. Secara parsial, variabel leverage tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure, sedangkan variabel firm size dan growth berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure.Saran untuk penelitian selanjutnya adalah diharapkan dapat melakukan penelitian kembali pada objek perusahaan yang berbeda serta menambah periode penelitian dengan menambahkan variabel yang kemungkinan dapat mempengaruhicarbon emission disclosure. Bagi perusahaan, diharapkan dapat melakukan carbon emission disclosure yang lebih luas. Bagi investor, disarankan untuk mempertimbangkan dalam melakukan investasi terhadap perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, DAN GROWTH TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (STUDI PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020 - 2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEYSHA ZAHARA
Perorangan
Wahdan Arum Inawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini