ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS PYTHON DAN ARDUINO UNTUK EDUKASI PELAJAR SMA/SMK - Dalam bentuk buku karya ilmiah

BAGAS HARSYA PRATAMA

Informasi Dasar

7 kali
24.04.2556
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Robot edukasi adalah robot yang dibuat sebagai langkah awal bagi mereka yang ingin menekuni dunia robotika, robot edukasi yang beredar umumnya hanya memiliki satu fungsi dan sensor yang digunakan tidak dapat digunakan untuk yang lain. Ditemukan juga bahwa robot yang umumnya dijual memiliki harga jual yang bisa dibilang mahal maka dari itu masalah utamanya adalah robot edukasi yang murah namun multifungsi.
Robot multifungsi memungkinkan mereka yang ingin belajar dapat mengeksplor berbagai kegunaan yang dapat diterapkan pada sensor, seperti sensor kamera yang dapat digunakan untuk mendeteksi lintasan line following, sebagai kamera FPV untuk kendali robot yang bergerak, dan mengklasifikasikan warna. Semuanya ini dapat dilakukan dengan satu sensor yang datanya diolah di PC menggunakan modul OpenCV pada pemrograman Phyton.
Pemrosesan data yang dilakukan di PC terjadi sangat cepat dibandingkan dengan mikrokontroller yang diprogram, diperoleh waktu respon 10-50ms bagi PC untuk deteksi dan mengkalkulasi data dari lintasan line following dan eksekusi pergerakan pada robot begitu juga dengan klasifikasi warna. Kendali manual melalui PC juga memungkinkan robot edukasi menjadi seperti RC Car yang memiliki kamera FPV.
 

Subjek

ROBOTICS
 

Katalog

ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS PYTHON DAN ARDUINO UNTUK EDUKASI PELAJAR SMA/SMK - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 68p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAGAS HARSYA PRATAMA
Perorangan
Sony Sumaryo, Erwin Susanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini